Senin, 25 Januari 2010

Review : Fame (2009)




"Dream it. Earn it. Live It."


Film yang diadaptasi dari film yang disutradarai Alan Parker di tahun 80-an dengan judul yang sama "Fame". Film ini menceritakan kehidupan sekelompok remaja di New York City High School of Performing Arts dalam mencapai cita-cita mereka dalam dunia hiburan. Dimulai dengan perjuangan mereka untuk dapat lolos tes masuk sekolah itu dan 4 tahun masa belajar mereka di sekolah bergengsi tersebut.

Setiap tokoh di film ini memiliki perjalanan dan masalah mereka masing-masing. Seperti Malik (Collins Penne) yang berasal dari keluarga miskin dan harus meyakinkan ibunya bahwa sekolah seni bukanlah hal yang sia-sia. Lalu Denise (Naturi Naughton), seorang pianis klasik yang berbakat yang harus mengikuti aturan-aturan konservatif orang tuanya namun pada suatu hari dengan dukungan Malik ia berhasil menemukan keberanian untuk menunjukkan bakat menyanyi yang selama ini disembunyikannya. Victor (Walter Perez) seorang musisi berbakat yang kesulitan dalam pelajaran musik klasik namun dengan kreatifitas dan bakatnya, dia bersama Malik dan Denise diam-diam membuat grup dan memproduksi musik mereka sendiri. Alice (Kherrington Payne) dancer cantik dan berbakat yang juga pacar Victor. Dan ada juga Jenny(Kay Pannabaker), Marco(Asher Book) penyanyi berbakat, Joy(Anna Maria Perez de Tagle), Kevin(Paul McGill) the ballerina boy dan Neil (Paul Iacono) sang sutradara. Selama 4 tahun sekolah mereka terus mengasah kemampuan dan berusaha mencari jalan untuk mencapai cita-cita sebagai performer profesional yang dikenal publik. Dibumbui dengan kisah persahabatan, cinta, impian, kebersamaan khas remaja memang semakin mengentalkan kesan High School dalam cerita ini.


Film ini bukan film tentang sekolah seni pertama yang saya tonton, tetapi film ini dibanding fim sejenis lainnya Fame termasuk yang mengecewakan. Dengan penokohan yang terlalu banyak fokus di film ini menjadi kurang jelas, jalan ceritanya juga terlalu biasa menurut saya mungkin karena cerita seperti ini sudah sering diangkat ke dalam film maupun film seri. Kevin Tancharoen, sang sutradara, kurang dapat membangun konflik di film ini sehingga cerita film ini seakan hanya lewat begitu saja tanpa ada kesan yang mendalam. Jika harus dibandingkan dengan Step Up misalnya yang juga bersetting sekolah seni, dalam Fame ini seni yang diperlihatkan dalam film kurang dapat membangun kesan 'luar biasa' yang seharusnya dapat ditampilkan oleh sekolah seni bergengsi. Ditambah dengan akting pemainnya, yang untuk ukuran Hollywood, standar-standar saja membuat film remake ini menjadi biasa-biasa saja padahal versi Alan Parker dapat bisa menjadi hit dimasanya. Sedikit mengecewakan memang, mengingat film ini merupakan salah satu film yang saya tunggu-tunggu, karena saya sangat suka film yang mengangkat tentang seni terutama performing art.



Director : Kevin Tancharoen.

Starring : Kay Pannabaker, Asher Book, Collis Penne, Kherrington Payne.



My Rate :  
1. Wajib!!!...tonton filmnya dan koleksi dvdnya!! 
2. It's a must see!! 
3. Filmnya baguss loh... 
4. Lumayan deh buat weekend. 
5. Pinjem dvd-nya aja. 
6. Mending tunggu filmnya maen di tv.







0 comments:

Posting Komentar

 

Blog Template by YummyLolly.com